Selamat Datang

Kami hadir sebagai media pembantu orang tua dan siswa untuk mendapatkan informasi dari Super Bimbel GSC Poligon secara online.

Sabtu, 16 Juli 2011

Belajar Mind Maping


Mind Map
Istilah mind mapping pertama kali saya tau waktu saya masih kuliah di Jogja. Adalah seorang dosen saya yang ngenalin istilah ini, ibu Nur Wijayaning namanya. Lepas kuliah, istilah dan cara belajar menggunakan mind map ilang ga tau kemana. (ada yang nemuin?hee… :mrgreen: )
Mind map mampir ke pikiran saya lagi beberapa bulan terakhir ini. Eko (sepupu saya yang kebetulan lagi kuliah s2) yang ga sengaja ngenalin lagi. Waktu maen ke rumahnya, ga sengaja saya liat ada selembar kertas dengan gambar dan warna-warna di sana sini. Haghhh….ini pernah saya liat waktu kuliah dulu, tapi lupa namanya apa. Dan Eko ngingetin lagi ma mind mapping.
Karena sekarang saya lagi ngajar di sekolah, saya mikir bisa ga ya saya nerapin mind mapping buat ke siswa di sekolah? Dan sampe sekarang saya nulis ini, masih belum saya coba. Karena emang saya masih kurang referensi banyak tentang mind mapping.
Apa seh mind map? Mind map adalah cara mudah menggali informasi dari dalam dan dari luar otakmu, cara terbaik untuk mendapatkan ide baru, cara baru untuk belajar, cara baru untuk membuat catetan yang ga ngebosenin.
Kenapa harus mind map? Otak manusia itu terdiri dari otak kiri dan kanan. Otak yang biasanya digunakan dalam belajar biasanya pake otak kiri. Ini akan menjadi ga seimbang, dan hasilnya belajar juga jadi ga efektif. Segala sesuatu harus seimbang bukan? So…Tony Buzan si pencetus Mind Map ini menggunakan cara mind mapping dalam belajar. Mind map akan pake otak kanan kita, karena dibuat oleh gambar, garis, warna, dan kata-kata. Dengan cara ini kata Tony, belajar akan tidak cepat bosan, materi belajar akan cepat diingat, ide-ide akan muncul, waktu akan lebih efektif, dan hasil belajar bisa memuaskan.
Buku Pintar Mind Map Untuk Anak
Buku Pintar Mind Map Untuk Anak
Kira-kira begitulah tentang mind map dari hasil pencarian di mbah google dan dari buku yang kemaren baru saya beli. Yep, kemaren saya baru beli buku tentang mind map. Judulnya : Buku Pinta Mind Map Untuk Anak. Kenapa saya belinya yang “untuk anak” dibanding yang lainnya?
  1. Yang untuk remaja ternyata ga ada! :grin:
  2. Buku untuk anak-anak banyak warnanya dan ga ngebosenin. Banyak gambarnya pula.
  3. Kayanya lebih enak dibaca dibanding buku tentang mind map selain buku ini.
  4. Saya beli bukunya buru-buru! :mrgreen:
Awalnya emang rencana buat beli buku ini ga direncanain banget. Akhirnya detik-detik terakhir (halah…) dari maen di Bandung, sebelum pulang, beli buku ini dulu di Toga Mas jalan Supratman Bandung. Dan keluarlah kocek 43 ribu dari dompet kucel saya. (dalem hati : bulan ini beli buku juga! :smile: )
Bukunya udah saya baca. Cukup lah buat pencerahan tentang mind mapping, gimana cara ngebuat semenarik mungkin. Untuk orang yang baru pertama mau nyoba bikin mind map kaya saya, buku ini udah cukup buat awal. Dan mudah-mudahan bisa saya coba di sekolah. Tapi bisa ga ya? Ah…ga ada yang ga bisa kalo belum dicoba! Betul tho? Saatnya mencoba.. Ya..mungkin perkenalan dulu kali ya dalam 1-2 bulanan ini. Mudah-mudahan tahun ajaran baru bisa langsung dicoba penuh. Semoga….
Buku yang lagi menunggu disentuh dan dibaca (masih rapi di rak buku) : New Moon. Sumber gambar : Dari pencarian gambar “Mind Map” di google.

Sumber : http://irfanmuhamad.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar